Cermat dalam memilih bibit anak ayam aduan

Memastikan bibit ayam aduan yang memiliki potensi juara merupakan pekerjaan yang tidak terlalu sulit terutama bagi mereka yang sudah ahli. Cukup melihat dari fisik dan gaya bertarungnya saja, kita sudah bisa melihat apakah seekor ayam bangkok bisa dipakai di medan pertandingan atau tidak.

1. Persaingan Mendapatkan Makanan

Cara pertama yang dapat digunakan untuk memutuskan bibit anakan ayam bangkok aduan ialah dengan melihat bagaimana keahliannya dalam bersaing untuk memperebutkan makanan. Dari segerombolan anak ayam bangkok, Anda akan menemukan 1-2 anakan yang cocok dipilih dengan cara yang satu ini.

2. Kuda-kuda

Cara berikutnya yang biasa dilakukan dalam menentukan bibit ayam bangkok usia anakan ialah dengan melihat kuda-kudanya saat bersaing dalam memperebutkan makanan. Kuda-kuda merupakan bawaan lahir yang sebenarnya bisa dilatih pada ayam. Namun anak ayam yang terlahir dengan kuda-kuda yang baik biasanya itu calon ayam aduan yang bagus dan bisa diunggulkan sebagai petarung berkelas.

3. Cara Minuman

Jika kita perhatikan dengan rinci, cara minum anak ayam calon juara tarung sebenarnya juga tidak akan sama dengan cara minum anak ayam biasa. Anak ayam bangkok yang berkualitas biasanya akan mengangkat kepalanya tinggi-tinggi sambil membusungkan dadanya ke depan, sedangkan anak ayam biasa hanya akan mengangkat kepalanya sedikit lalu kembali menyosor tempat minumnya.

4. Warna Tembus

Meski belum tumbuh sempurna, sisik di kaki dan warna paruh anak ayam juga mampu menjadi penunjuk kualitas tarung di masa depan. Anak ayam bangkok calon juara pada umumnya mempunyai warna tembus, yang dapat diartikan warna paruh dan sisi kakinya sama. Meskipun begitu, untuk melakukan cara ini saat memilih ayam bangkok, penglihatan kita harus benar-benar teliti dalam memilih tingkat warna di kedua bagian tubuh anak ayam tersebut.

5. Silsilah Keturunan

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk memilih bibit ayam aduan terbaik yaitu dengan memperhatikan silsilah keturunan. Usahakanlah hanya untuk memastikan ayam yang dilahirkan dari indukan yang berkualitas, baik jantan maupun betinanya. Trah juara dari induk jantan umumnya sangat penting peranannya secara genetik dalam melahirkan keturunan-keturunan jago tarung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *